Sunday, December 1, 2013

My Childhood Christmas Memories (Anak Kecil Dilarang baca! Childhood ruined alert)

Di post gue sebelumnya, gue sudah menjelaskan jika salah satu trade mark Natal is coming di Manado adalah dengan ‘berkeliarannya’ Sinterklas-Sinterklas yang mengunjungi anak-anak di rumahnya. Selain itu juga, ada sebuah tradisi pada tanggal 5 Desember itu, di malam tanggal 5 Desember (atau tanggal 4nya) anak-anak akan disuruh orangtuanya untuk  menaruh rumput-rumput di dalam sepatu kemudian di letakkan di pintu depan. Kata orangtua, pada malamnya pas gue bobo Sinterklas akan datang ngasih gue hadiah dan rerumputan itu adalah untuk makanan rusa-rusanya Sinterklas. Berbeda dengan anak-anak di Amerika memang, kalo disana kan di pohon Natalnya di samping kaos kaki akan disediakan susu dan gingerbread untuk Sinterklasnya. Pada post gue sebelumnya juga gue sempat mentioned mengenai Suarte Pit/Pit hitam (masih nggak tau gue ngejanya gimana. Males gugel). Nah, biasanya rombongan Sinterklas itu akan terdiri dari Sinterklas, Suarte Pit-Suarte Pit, dan badut-badut. Suarte Pit ini karena antagonis dia suka membawa-bawa karung dan sapu lidi, katanya buat ngehukum anak-anak yang Bandel. 


Gue termasuk anak yang bandel dan jago ngeles waktu kecil, oh, dan juga pecicilan. Pernah suatu kali ada tante gue yang geram sama kebandelan gue. Dia kemudian nakut-nakutin gue “Ade kalo nakal nanti tante suruh suarte pit masukin karung” trus gue nyahut “Nggak apa-apa kok. Tinggal ngerangkak keluar ini”. Terus dibilang lagi sama tante gue “Biarin. Nanti dibuang dilaut”, terus gue nyahut “Nggak apa-apa. Orang ade tinggal berenang (songong, padahal gue baru bisa berenang aja di usia gue yang ke-19 tahun -_-“)”. Sanggahan-sanggahan gue itu seolah-olah gue nggak takut sama suarte pit. Padahal, gue selalu nangis kalo ada suarte pit yang datang sama Sinterklas. Bahkan pernah pas gue tau Sinterklas bakal ke rumah gue sore itu, gue sampe ngumpet di rumah temen gue. Tapi akhirnya mak gue menemukan gue dan gue digiring ke rumah untuk menanti Sinterklas. Tapi man, bukan gue yang cupu. Tanya semua anak di sini kalo enggak ada yang takut sama Suarte Pit. Cuma Chuck Norris kali yang ngga takut sama suarte pit. Gimana gue enggak takut coy. Orang pernah suatu kali gue denger ada ribut-ribut depan rumah, terus gue keluar sambil lagi minum sirup di botol. Nggak taunya yang datang rombongan Sinterklas dan pas lihat gue, suarte pitnya langsung nangkep gue terus gegayaan mau ngisi gue kedalem karung. Gue nangis dong. Gue trauma coy… Traumaaa….


Salah satu pengalaman gue yang agak lucu adalah pernah waktu gue ikutan acara natal yang diadain satu toko gitu. Jadi every child got to sit on Santa’s lap and take a picture and the masing-masing anak dapet kado. Sesampenya dirumah gue excited dong buka kado. Kadonya gede coy, berisi banyak snack. Terus tiba-tiba dalam kadonya gue nemu sesuatu yang nggak familiar sama gue. Gue liat-liat. Ini barang mirip baju singlet (kaos tanpa lengan yang buat daleman loh. Yang ada merek “pengendara”), tapi kok pendek ya. Trus gue ke belakang, ke kakak-kakak yang ngekost di rumah gue terus nanya ke mereka. Trus mereka kaget, nanya dapet itu darimana. Gue bilang dari hadiah natal dari Sinterklas. Trus mereka bilang itu namanya miniset. Gue pas waktu itu nggak tau miniset itu apaan. FYI, I was only 5 years old. Masih TK. Dan as I grow up and think about that, I was.. What the f*ck Santa. I was only 5. Pent*l gue aja kayaknya masih belum keluar. What a perv -.-.


Gue mulai mengetahui ‘kebenaran natal’ itu waktu gue kelas 2SD. Tapi gue baru realized kelas 4SD (terakhir dikasih hadiah). Yang pertama yang gue ketahui adalah Sinterklas yang berkunjung itu ternyata hadiahnya dari orang tua (gue belum tau Sinterklasnya juga orang biasa yang pake kostum doang). Soalnya suatu sore pas gue ke kamar, cici gue lagi ngebungkus kado. Terus bungkusan kadonya itu warnanya biru muda gambar anjing-anjing lucu. Terus dia kayak sembunyi-sembunyi nyuruh gue keluar gitu. Nah, pas kunjungan Sinterklas itu, kan Sinterklasnya ngasih kado. Gue lihat kadonya itu bungkusnya sama dong dengan kado yang dibungkus cici gue. Gue mulai curgia dari situ (gue emang udah pinter dari kecil sih). Setelah itu pas yang nanem-nanem rumput di sepatu, kan pas pagi-paginya nanti rumputnya udah abis, diganti dengan kado di sebelah sepatu. Pas gue buka kado itu ada note nya dari Sinterklas “jangan nakal-nakal, jangan suka ngelawan orangtua …” Pas itu gue lihat tulisannya kenapa mirip tulisan koko gue tulisan Sinterklasnya. Mama gue beralasan pas ngasih kadonya Sinterklas lupa nulis pesan trus lupa bawa pulpen terus minta tolong koko yang tulisin tapi di dikte sama SInterklas. Nah karena waktu itu gue masih kayak Bruno Mars, too dumb too young to realize, yaudah gue percaya aja.


Nah, puncaknya adalah pas gue kelas 4SD terus pas malem tanggal 4 atau 5 desember itu gue sakit jadi gue minta ditemenin cici gue bobo. Udah gitu ngobrol-ngobrol terus gue mencoba bobo, mama gue masuk dan nanya ke cici gue “Dia udah tidur belum? Udah mo di taroh hadiahnya” Terus gue ngelihat ke mama gue. Mama gue kaget gue ngedengerin. Besoknya gue cerita ke temen gue, kata temen gue iya tau itu orangtua yang naroh. Sinterklas itu nggak ada. Kalo udah tau, kamu udah nggak bakalan nerima hadiah lagi. Hancurlah masa kecil gue iya kan. Tapi karena gue takut nggak dapat hadiah lagi, gue diem-diem aja pura-pura nggak dengar dan nggak ngerti. Tapi mama gue udah kayak yaudahlah dia udah tau. Tahun depannya, gue nekat masih naroh rumput di sepatu dan pergi tidur. Besok paginya gue bangun dan ngelihat rumputnya masih disitu dan nggak ada kado. Gue kecewa. Mama gue ngomong ke gue, lah kana de udah tau Sinterklas itu nggak ada. Gue bete. Masa kecil gue hancur. Kenapa sih gue waktu itu nggak pura-pura bobo aja. Tau gitu sampe sekarang gue masih bakalan naroh rumput di sepatu pas tanggal 4 atau 5 malem. Siapa tau tanggal 4 atau 5 ini gue dapet iphone 5 baru dari ‘Sinterklas’. Iya kan ;)

:D:D:D

No comments:

Post a Comment