Thursday, September 12, 2013

Confession

Waktu gue belajar Agama di SMA dulu mengenai sakramen pengakuan dosa, itu kalo nggak salah ada beberapa tahap dalam mengakui dosa. 
Seinget gue, seinget gue loh ya, kalo nggak salah nih pertama itu lo sadar akan dosa-dosa lo. Tahap kedua adalah lo pengen berubah deh, nggak mau ngelakuin dosa itu lagi. Yang ketiga itu lo siap dan mau mengakui dosa lo (gue nggak tau ini tahapannya bener apa nggak. Sorry,gue soalnya tipikal siswa Indonesia yang belajar buat nilai, bukan buat pinter :p). Terakhir, akhirnya lo akan mendapatkan pengampunan dan penitensi terhadap dosa lo. 

Gue kuliah di luar kota, jauh dari orang tua. Artinya, orang tua gue nggak bisa tau perkembangan perkuliahan gue gimana kecuali gue kasih tau mereka. Gue rajin kuliah apa sering bolos mereka enggak tau. 
Tingkat pertama, masih fresh man lah ya. Masih bener-bener fresh, euforianya masih dapet, masih idealis, motivasi gue utuk kuliah masih tinggi. Bahkan gue men-challenge diri gue untuk mencapai IP 3,0 dan gue berhasil, setidaknya di dua semester pertama. Masuk semester 3 dan ke-4, gue mulai males-malesan. Alhasil, IP gue anjlok. Anjlok banget. Bahkan pada semester 4, gue skip semua UAS, padahal semua nilai UTS gue bagus-bagus, diatas 70 semua.

Sekarang gue udah masuk semester 5, dan gue berniat ngerubah semuanya. Cuma ini juga sebenernya gue belum pernah masuk kuliah sampe hari ini. Gue nggak ikut FRS soalnya, jadi gue belum punya jadwal. Dan sekarang, sebelum semuanya bener-bener terlambat banget, gue pengen get back on track. Gue pengen fix it all.
Yang menjadi masalah di gue adalah, dalam bertindak, gue tau apa konsekuensi dari tindakan gue itu. Tapi gue nggak berani melihat konsekuensinya pada saat gue selesai melakukan tindakan itu. Kayak sekarang, gue tau konsekuensi dari gue males kuliah dan ga ikut frs gitu. Gue pengen memperbaikinya, tapi gue nggak mau kayak nanti gue ngurusinnya dipersulit, ato dimarahin ato gimana.

Orang tua gue sih suka nanyain gimana kuliah gue, ato ngampus ga hari ini, ato gimana nilainya. Tapi gue nggak berani ngomong sama mereka kalo nilai gue jeblok karena gue males-malesan dan sekarang gue nggak punya jadwal. Gue sebenernya takut ngecewain mereka dan bikin mereka marah. Alasan bodoh memang.
Kemarin orang tua gue nelpon gue. Nanyain gimana kuliah gue dan nilai gue yang kemaren yang setiap gue ditanyain, pasti gue ngehindar. As usual, gue ngehindar juga dan gue bilang ngomongin soal kuliah nanti aja kalo ketemu. Setelah telepon ditutup, gue nerima sms dari orangtua gue yang minta gue cerita-cerita lah soal kuliah ada apa. Supaya kalo misalnya ada masalah itu bisa sama-sama dicari solusinya.

Gue kemudian cerita ke pacar gue. Dia emang udah tau kelakuan gue yang males-malesan kuliah dan dia juga sebenernya suka memotivasi gue untuk rajin kuliah. Tapi segimanapun getolnya orang lain memotivasi lo kalo lo nggak berhasil memotivasi diri lo sendiri itu kan sama aja bohong.
Setelah  bercurhat ria dengan sesi mengangis segala, gue akhirnya memutuskan untuk memberi tahu orang tua gue tentang keadaan gue. Gue berencana mau berubah, gue mau rajin lagi. Gosh, seriously, gue kangen ngampus, kangen belajar, nugas, belajar buat UTS UAS dan kawan-kawannya.

Orang tua gue udah ngasih gue kepercayaan dan kebebasan untuk kuliah berdasarkan jurusan yang gue inginkan. Mereka bahkan sudah memberikan kepercayaan untuk kuliah di luar kota yang jauh dari mereka.
Setiap kepercayaan dan kebebasan yang diberikan itu dibarengi dengan tanggung jawab dan kewajiban. Gue bertanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah gue dan membuktikan pilihan gue itu. Dan gue berkewajiban untuk memberi tahukan orang tua gue how it all goes, sebagaimana mereka mempunyai hak untuk mengetahui perkembangan gue, pertanggung jawaban untuk uang setiap semester yang mereka berikan untuk gue.
Bagaimanapun, orang tua gue berhak untuk mengetahui kebenarannya. Dan mereka berhak untuk dibuat bangga dan bahagia sama gue.

Well, mudah-mudahan gue masih bisa menjalani sisa semester-semester yang ada dengan baik dan rajin lagi seperti sediakala. Mudah-mudahan gue masih bisa ngedaftar buat ngontrak mata kuliah-mata kuliah di semester 5 ini.
Ada Amen teman-teman????

:D:D:D

4 comments:

  1. "segimanapun getolnya orang lain memotivasi lo kalo lo nggak berhasil memotivasi diri lo sendiri itu kan sama aja bohon"

    lu jalanin lah mol ... kl lu pikirin mah percuma ... gw ajah kebanyakan mikir malah jadi na negativ mulu ... tp pas gw jalanin / action otomatis mau baik ato buruk pasti siap ...

    -backsound yg bagus adalah confenssion nya Usher :)

    ReplyDelete
  2. paling sulit ya membuat pengakuan dosa yang justru kita sering gagal lagi (melakukan dosa yang sama)'
    ah, gw yakin loe pada ngerti dah...

    ReplyDelete
  3. betul, emang basic instinct manusia kayaknya

    ReplyDelete